Logo
Apa Itu LFG (Laju Filtrasi Glomerulus)?

Apa Itu LFG (Laju Filtrasi Glomerulus)?

Salah satu fungsi ginjal adalah untuk melakukan penyaringan terhadap sisa-sisa metabolisme dalam tubuh. Jika terjadi penurunan fungsi ginjal pada kondisi tertentu, ginjal tidak dapat melakukan penyaringan secara optimal sehingga terjadi gagal ginjal. Salah satu penegakan diagnosis pada pasien gagal ginjal dapat merujuk pada nilai laboratorium GFR (Glomerular Filtration Rate).

Lalu apa sebenarnya LFG ini? LFG (Laju Filtrasi Glomerulus) atau GFR (Glomerular Filtration Rate) merupakan laju rata-rata kemampuan ginjal untuk melakukan penyaringan setiap menit. Pengukuran LFG biasanya dihitung dengan eLFG (estimasi Laju Filtrasi Glomerulus) atau eGFR (estimated Glomerular Filtration Rate) yang berdasar pada kreatinin dalam darah, usia, dan jenis kelamin. LFG juga dapat digunakan untuk melihat tingkat keparahan pada gagal ginjal.

Menurut CKD KDIGO (Chronic Kidney Disease Improving Global Outcomes), berikut ini stadium pada gagal ginjal kronis berdasar nilai LFG:
alt text
Salah satu penyebab gagal ginjal adalah karena adanya ketidakseimbangan antara antioksidan dengan radikal bebas dalam bentuk ROS (Reactive Oxygen Species) dan RNS (Reactive Nitrogen) yang disebabkan karena adanya peradangan kronis. Tingginya jumlah radikal bebas dalam tubuh ini dapat memicu stres oksidatif yang jika terjadi berkepanjangan dapat menyebabkan kerusakan pada mitokindria ginjal.

Kerusakan pada mitokondria berdampak pada berkurangnya produksi ATP (Adenosin Tri Phospate) yang digunakan sebagai sumber energi. Kurangnya ATP atau energi seluler di ginjal mengakibatkan menurunnya fungsi ginjal, bahkan dapat memperparah kerusakan ginjal. Adapun gejala gagal ginjal secara umum ialah adanya penurunan volume urine, perubahan warna urine, nyeri saat berkemih, nyeri di bagian belakang perut yang dapat menjalar ke kaki, dan pembengkakan di tungkai.

Salah satu produk terobosan baru dari Biotek Farmasi Indonesia yakni K-FIX dapat digunakan untuk membantu melancarkan buang air kecil yang disebabkan gangguan saluran kemih sesuai dengan indikasi dari BPOM.

K-FIX merupakan kidney regulator (produk yang membantu regulasi fungsi ginjal). Jurnal ilmiah menunjukkan komposisi yang ada pada K-FIX memiliki beberapa keunggulan, yaitu meningkatkan energi seluler/ATP (Adenosin Tri Phosphate) di sel glomerulus ginjal dan memiliki antioksidan yang dapat mengurangi stres oksidatif.

Beberapa keunggulan tersebut memberikan benefit/keuntungan bagi pengguna yaitu membantu memperbaiki fungsi ginjal dan membantu menghambat kerusakan di sel glomerulus ginjal. Tidak seperti obat lain yang mekanisme kerjanya meregulasi asam basa di ginjal, K-FIX bekerja dengan meningkatkan ATP/energi seluler langsung di sel glomerulus ginjal sehingga bisa memperbaiki fungsi filtrasi (penyaringan) ginjal ditandai dengan kenaikan nilai LFG.

Produk dari Biotek Farmasi Indonesia merupakan produk originator, bukan meniru yang sudah ada. Produk ini dikembangkan berdasarkan penelitian selama bertahun-tahun.

Informasi lebih lengkap tentang produk dapat dilihat pada menu produk.
Artikel Apa Itu LFG (Laju Filtrasi Glomerulus)?
Other Information Whatsapp Information
Hubungi kami disini untuk berbicara dengan layanan pelanggan kami
(+6221) 2124 1300
/
(+6221) 2124 0000
Facebook
twitter
Instagram
Youtube
Logo
Copyright © 2022 - PT Biotek Farmasi Indonesia.
All Rights Reserved
Jasa Pembuatan Website by IKT
Contact Information
Jl. Cempaka Putih Tengah I No. 3A, Kecamatan Cempaka Putih, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10510
[email protected]+62859 2200 0003
Copyright © 2022 - PT Biotek Farmasi Indonesia.
All Rights Reserved
Jasa Pembuatan Website by IKT